Coretan pagi

Pernahkah kamu merasa kangen yang sangat, tapi tidak tau kangen sm siapa..?Mungkin itu hanya rasa kesepian yang menghinggapi.. sepi belum tentu juga karena tidak ada teman/orang di sekitar kita. Mungkin saat kita merasa kosong, dan perlu asupan-asupan yang bisa menghilangkan rasa itu. Pikiran apapun bisa masuk. Tinggal kita pilih mau sesuatu yang bermanfaat ataw sesuatu yang mudharat..? 

Tapi.. itu tidak mudah, tidak gampang juga. Perlu perjuangan untuk memilih yang baik dan berguna. 
Saat ini saya hanya butuh perenungan..mungkin saat ini adalah waktu yang tidak tepat, tapi tidak ada yang melarangnya bukan..?
Hmm.. Banyak orang yang sudah berumah tangga, entah baru satu tahun ataw sudah puluhan tahun dan akhirnya mereka memutuskan untuk DIVORCE. Hanya karena apa..? Yang saya perhatikan banyak yang dijadikan alasan karena TIDAK COCOK. Mungin kalimat itu adalah kalimat umum yang dipakai untuk pengajuan di pengadilan. Entahlah…

Tapi menurut saya, rumah tangga yang cocok itu seperi apa..? Pasangannya yang tidak cocok itu seperti apa..? Berbeda hobby..? Berbeda kebiasaan..? Berbeda sifat ( yang ini sudah saling tau sejak kenalan bkn? )

Yang saya amati, sesuatu yang tidak cocok itu memanfaatkan waktu dengan kegiatan yang berbeda. 

Misalkan saja begini..

Saat seorang suami dan pasangannya ada di rumah, mereka punya waktu yang tidak banyak tapi masing2 ingin melakukan sesuatu yang mereka suka. Padahal ini adalah quality time. Apalagi mungkin pasangan ini jarang sekali bertemu. Anggapalah suami ini punya hobby memancing, automotif dll. Kalo memang istrinya bisa untuk mendampingi, itu pasti tidak akan bermasalah. Apalagi saat2 pillow talk mereka selalu lakukan, saya yakin kehidupan mereka akan selalu berjalan baik karena dsitu mereka akan saling belajar, saling memberi masukan pada saat yang tepat. 

Mungkin hal ini terlihat tidak penting, karena misalkan keluarga ini siang hari punya acara jalan ke mall, atw acara keluarga, sehingga orang beranggapan mereka adalah keluarga yang berbahagia ( ini sering saya perhatikan juga jika diluar rumah ). Tapi tidak heran juga mereka akhirnya punya keputusan seperti diatas, Berpisah… teman saya bilang, “itu kan cuma casingnya doang keliatan bahagia!”
Kembali ke masalah “quality time” tadi. Jika di rumah pasangan ini selalu bersama, katakanlah terlihat satu dengan yang lainnya, saya yakin mereka tidak punya kesempatan untuk berpikiran mellow dsb terutama untuk seorang istri. Apa ada kesempatan untuk memikirkan hal lain..? Membuka sosmed ataw chit chat sama teman-teman ataw seseorang yang diharapkan..? Kenapa kok malah seorang istri yang ditekankan dsini..? 

Mungkin kerena mereka sudah menunggu sekian waktu buat suaminya ada disamping mereka, membantunya saat mereka membutuhkan pendengar yang baik yang belum tentu juga suaminya memberikan solusi, dan belum tentu juga istrinya bisa menceritakan hal ini dengan temannya. Yang saya liat, semua istri pasti menginginkam rasa “nyaman”, rasa “melengkapi” satu dengan lainnya. 
Yang saya ceritakan diatas tanpa membahas yang sudah punya anak. 

Saya yakin, hal-hal yang mungkin kecil tapi bisa berakibat besar ini yang memacu untuk tidak bertahan. Satu banding seribu, rumah tangga yang memang benar2 harmonis, dan mereka punya kecocokan satu dengan yang lainnya. Dan bagi mereka yang sudah punya anak, pasti ini akan berimbas pada anak2nya dari kecil sampai mereka berumahtangga juga. Mereka akan menilai seorang suami itu sperti apa, seorang istri itu seperti apa..? Hubungan mereka di rumah seperti apa..? Dsb dsb…
Satu hal lagi..harusnya saya tidak membuka disini, tapi.. saya harus bicara kenyataan yang ada. Sepuluh dari teman saya, separuhnya mereka sudah tidak berhubungan intim. maaf, buat teman saya yang baca coretan kecil ini, semua ini hanya saya utarakan supaya jadi cermin dan pelajaran buat kita semua. Bahwa disana masih ada yang bertahan demi sesuatu tanpa harus mengutamakan “hubungan” itu. 

Semoga kita bisa mengambil hikmahnya dari semua yang kita tau di sekitar kita..
Maaf ini hanya sebuah coretan kecil dari seseorang yang punya sedikit waktu menulis artikel ini, meski sebetulnya semua coretan disini hanya untuk pribadi saja.. 

Quote of Tere Liye

“Ada orang-orang yang jatuh cinta, tapi tidak ditakdirkan bersama.
Ada orang-orang yang bersama, tapi tidak jatuh cinta.

Ada pula orang-orang yang jatuh cinta, ditakdirkan bersama.
Hidup ini memang begitu2 saja. 7 milyar manusia di atas bumi; tiap detik, setidaknya ada yang jatuh cinta, pun tiap detik, ada yang berpisah. Jadi, tidak perlu galau, sakit hati, sesak, toh, penulis skenario hidup kita adalah yang maha mengetahui. Dijalani saja, apapun ujungnya. Syukur2 happy ending.”
Makasiy qoute-nya #tereliye 

Memaafkan

welcome to blog

MEMAAFKAN
Penjelasan kalimat “memaafkan” dalam surat Ali Imran 133 (Lihat KTQS # 1140)
‎ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ
“…dan memaafkan (kesalahan) orang”
Orang yang mampu menahan amarah belum tentu bebas dari rasa sakit hati, bahkan dendam.
Mukmin yang baik, bukan hanya menahan amarah, tapi mampu memaafkan orang yang bersalah, sebagaimana mana ditegaskan pada kalimat ini.
Memberi maaf paling berat pada manusia yang berdosa, adalah tatkala marah. Oleh karena itu, sifat mukmin yang baik, bukan hanya mampu menahan amarah, tapi juga memberi maaf ketika marah.
Allah SWT memuji orang yang demikian sebagai manusia yang memiliki derajat tinggi Qs.42:37:
‎وَالَّذِينَ يَجْتَنِبُونَ كَبَائِرَ الْإِثْمِ وَالْفَوَاحِشَ وَإِذَا مَا غَضِبُوا هُمْ يَغْفِرُونَ
“dan (bagi) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan-perbuatan keji, dan apabila mereka marah mereka memberi maaf”. (Qs.42:37)
Memaafkan orang lain atas kesalahan yg dilakukan terhadapnya, sebelum orang lain tsb meminta maaf, dan tidak mengharap-harapkan permohonan maafnya, adalah ciri orang yg bertaqwa.
“Jadilah engkau…

View original post 23 more words

Memaafkan

MEMAAFKAN
Penjelasan kalimat “memaafkan” dalam surat Ali Imran 133 (Lihat KTQS # 1140)
‎ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ 
“…dan memaafkan (kesalahan) orang”
Orang yang mampu menahan amarah belum tentu bebas dari rasa sakit hati, bahkan dendam. 
Mukmin yang baik, bukan hanya menahan amarah, tapi mampu memaafkan orang yang bersalah, sebagaimana mana ditegaskan pada kalimat ini. 
Memberi maaf paling berat pada manusia yang berdosa, adalah tatkala marah. Oleh karena itu, sifat mukmin yang baik, bukan hanya mampu menahan amarah, tapi juga memberi maaf ketika marah. 
Allah SWT memuji orang yang demikian sebagai manusia yang memiliki derajat tinggi Qs.42:37:
‎وَالَّذِينَ يَجْتَنِبُونَ كَبَائِرَ الْإِثْمِ وَالْفَوَاحِشَ وَإِذَا مَا غَضِبُوا هُمْ يَغْفِرُونَ
“dan (bagi) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan-perbuatan keji, dan apabila mereka marah mereka memberi maaf”. (Qs.42:37)
Memaafkan orang lain atas kesalahan yg dilakukan terhadapnya, sebelum orang lain tsb meminta maaf, dan tidak mengharap-harapkan permohonan maafnya, adalah ciri orang yg bertaqwa.
“Jadilah engkau pemaaf…”. (Surah Al- A’raf 7: Ayat 199)
“Tidaklah seorang itu suka memaafkan, melainkan
dia akan semakin mulia.” (HR Muslim)
” MEMAAFKAN ITU MULIA”

#NTMS

Catatan tidak penting

Mau tau ga hasil survey bbrp waktu ke blkg? Mgk ini result yg hrs dipertimbangkan ladies @rini
1. Sebnyk 90% laki2 saat keluar dr rmh-nya, mrk tdk pikirin istrinya di rmh. Yg ada cm kerjaan, atw seseorg yg menyita pwrhatian
2. Siapa itu? Bisa seorg peremp. Dan sprti beralih perhatiannya pd ‘wil’. Mulai chit chat atw tlp-an. 
3. Bisa jd laki2 itu care, bahkan blg sayang pake banget dg wil itu. Bahkan ada yg blg, sumpah mati2an sayang&cinta-nya
4. Tp ladies bs tanya ga, brp prosentasi sayang yg diberikan itu? Apa buktinya? Bohong klo mrk blg lbh dr 50% sayangnya. 
5. Trs cb tny lg: ‘memang berani nikahin sy? Memang berani kehilangan istrinya di rmh? Sy yakin jawabnya pasti sama: …
6. “Sy tetap akan kembali sm istri sy di rmh..,!” Dgn berbagai alasan. Bahkan mgk akan mundur perlahan dg pertanyaan td. 
7. So.. Buat apa mau dijadikan ‘wil’? Apa manfaatnya? Hny dpt perhatian yg mgk dibuat agar kita melted? Trs msh perlu kah perhatian yg tdk bs didapatkan saat qta membutuhkan?
8. Tapi.. Ada satu perkecualian.. Sy cb tny sm laki2 yg single. Apa jawabanya jika dia suka dgn single parent?
9. Silahkan mau mengakui kalo kita sbg pelengkap saja. Apa yg kita putuskan tdk boleh menjadi penyesalan. Itu adalah pilihan..

Catatan: 

Untuk yang single, saya blm bisa gali lebih dalam. 
#hasilSurvey

#justShare

#Bersambung

My Job

Kenapa saya resign dr kerjaan yg kemarin sy jalani?
Mungkin salah satunya krn sy ingat nasehat dr seorang sahabat. “Kalo mau kerja, carilah kerjaan yg tdk bnyk lawan jenis di lingkungan itu”
Benar atw tidaknya, sy hanya ambil yg baiknya saja.
Padahal dulu sy suka berteman dg lbh bnyk laki2 daripada perempuan. Karena memang lebih nyaman, dan berteman dg perempuan suka ada ‘ngiri2an dan tersinggung2an’ gitu. Terutama mulai masuk SMP, teman perempuan sy hny teman sebangku saja. Sampe orang tua sy semlat dipanggil ke sekolah krn dikira sy suka ‘nge-boat’. Kok bisa-bisanya ya? Perasaan di pikiran sy cuma main, jalan jauh naik benteng, isengin orang via telpon umum, request lagu di radio, sampe rumah cuma baca buku doang. Kalo lg males masuk kelas, sy jalan sendiri ke mall, dan besoknya sy dpt surat ijin dr orangtua krn saya bilang kalo bolos 😁😷.

Kembali ke laptop..
Nasehat dari teman apapun itu, sebisa mungkin jika baik sy akan lakukan. Hijrah? Sy tidak bilang begitu krn sy masih belajar dan belajar. Saya pikir apapun perbuatan yg baik itu yg tau hanya saya dan yg diatas. Mungkin niat saja tidak cukup, semua harus disertai dgn action.
Setidaknya sejak kemarin2 sy terhindar dari melobby orang, meeting dgn orang2 dan berhubungan dgn orang2 yg punya ‘kursi’ di bbrp instansi.
Untuk menghindari pikiran yg ga baik,melindungi diri sendiri, menjaga “hati” pasangan kita, dsb dsb.
Meskipun sebenarnya tidak ada yg pernah melarang sy dlm pekerjaan ini.
Bagaimana dengan pemasukan/income yg saya dapat?
Nominal pastinya berkurang. Baru kali ini kartu kredit sy gunakan utk kebutuhan primer, bukan sekinder lg.
yaa.. Mungkin ini saatnya sy mulai berubah, mulai berhitung, mulai tau diri. Dan smuanya harus diterima dgn ikhlas. Tapi, dengan smua yg sy hadapi, in syaa Allah sy baik-baik saja, sy msh bisa lakukan apa yg sy mau, hny frekwensi-nya saja yg berkurang. Rejeki tdk ditentukan oleh apa yg sy dapat dr pekerjaan kmrn.
Masih ada bbrp opsi kalo sy mau mencoba utk ‘bisnis’ yg lain.
Hanya memang sy lebih suka dgn moto ‘alon-alon asal kelakon’
Semoga semuanya berkah, lancar dan selamat dunia akhirat..
Aamiin YRA

First of may..
2015

IMG_0926.JPG

My sansevieria

Sansevieria

Saya memelihara tanaman ini karena perawatan yg minim, bisa tahan panas dan mencegah polusi juga radiasi ( sumber: google ) ^ *

Beberapa kali pindah rumah, dan ada beberapa juga yg sempat dibawa pindah sampai di rumah yg sy tempati sekarang..

Dan sekarang… Ada dua tanaman di pot yg BERBUNGA. Waaaw… !
Sebetulnya mungkun sudah berbunga dari minggu-minggu kemarin. Tapi saya aja yg baru ngeh sekarang…
Konon, kalo tanaman ini bisa berbunga, akan ada berita bagus untuk penghuni rumahnya..
Apa yaaa …
Meski cuma mitos tapi saya juga baru tahu , hehehe…

Dan disamping sanseviera saya taman pohon mangga juga pohon jambu ( jenis pohon jambu yg langka). Dan skr sudah setinggi pohon mangga yg selisih tanam-nya 3 thn.
Bagaimana dgn pohon Jambu-mu….??

Keramik dari plered

Perjalanan jkt-plered sekitar 2,5 jam. Dgn berbekal contact person dsana, akhirnya sampai jg. Jalanan sdh diperbaikin disbanding bbrp taun lalu (terakhir lwt sana), dan terlihat lbh bersih.

Bertemu teh lia (sy panggil begiitu) yg ramah menyambut, sy diajak masuk dan liat bbrp tmpt pengrajin..menurut sy terhitung luas. Rumahnya yg begitu sederhana ada diantara lokasi perbuatan keramik. Yg kecil-kecil, bagian perempuan yg bikin. Yg besar baru diberikan pd bapak2 dsna.

Saya tanya sm ibu yg sudah tua,
Saya: “tiasa ngadamel Sabaraha hiji sadinten teh, bu?”
Ibu: “saratus palingan mah neng”
Saya: “seueur oge geuning,ibu meni kiatan nya.”
Ibu: “muhun, seueur tp artosna mah sakedik”
Saya: ” oh kitu…” *sedikit ingin tahu
Ibu: “muhun, saratus teh ibu mah kenging duapuluh lima rebu”
Saya: ” oooh..”
Saya tidk bicara lagi..
Saya tidak tahu utk modal bahan baku-nya berapa, dll..tp sy bisa perkirakan keramik bentuk kecil yg biasa digunakan utk ‘menyimpan’ ari-ari bayi itu sekitar 10 ribu.
Rasa sedih sy tidak bisa saya perlihatkan. Dengan tangan yg sudah keriput dan ditempel dgn tensoplast, nenek ini masih semangat untuk bekerja, meski yg didapatkan sngat jauh dr upah UMR.
Hasilnya ada beberapa yg tidak simteris menandakan bahwa itulah buatan manusia. Bagaimanapun sesempurna-nya manusia, pasti akan ada kekurangan dan kelemahan-nya.
Lain dengan pot-pot keramik yg biasa dibuat untuk menanam anggrek, saya liat ada mesin cetakan yg memang sudah siap. Lebih cepat, lebih rapi..
Tapi tidak terlihat nilai seni-nya disana..

Setelah lebih dari satu jam disana, saya pamit untuk melanjutkan perjalanan ke Bandung. Cuaca kurang mendukung dan sesi foto saya sampai disitu saja. Waktu-nya untuk wiskuuuuull….!hehehe..

Note:
Oleh-oleh dr plered:
Ayam bakar dan sate maranggi

The last power..(?)

Dosis dinaikkan, moga ada hasilnya

Perusahaan airline itu..

 

 

Sedikit terhenyak begitu mendengar kabar bahwa Perusahaan ini akan diembargo di cengkareng ( CGK)  mlm td Oleh pertamina. Yang sebelumnya sdh terjadi di bbrp airport. Apa yg terjadi selanjutnya bisa dibayangkan..mungkin sdh terlalu banyak hutang yghrs dibayarkan ke Pertamina, maka satu persatu ‘fuel’ itu mulai tertutup.

 
Sedih..karena sy dulu pernah bekerja disana. Dan skrg, salah satu Perusahaan BUMN ini akan (sudah) dinyatakan PAILIT oleh bpk mentri – meski msh secara lisan dan blm dipublish. Tidak ada yg bisa menolongnya lagi…
Tidak ada suntikan dana (lg), tidak ada kejelasan apakah akan privatisasi atw betul2 dinyatakan pailit, tidak ada yg tau…dari bertahun-tahun yg lalu.
 
Seperti yg pernah CakNun sampaikan dlm satu peringatan ulang tahun perusahaan ini, beliau bilang : dua Perusahaan pemerintah ini seperti ade-kakak. Tapi yg selalu ditolong itu kakaknya trs. Sedangkan ade-nya dibiarkan terpuruk, meminta pertolongan. Paling tidak, berikan saja pesawat2 kecil utk membantunya bertahan..( kurang lebih sprt itu beliau sampaikan)
 
Janganlan memandang dari sisi SIAPA Dir-Dir nya..meski sudah bbrp kali ganti, tapi tetap saja perusahaan ini “SAKIT”. Jika kita menjudge, orang2 dulu yg “tidak benar”, buat saya itu tidak fair. perusahaan yg dibangun pd thn 1962 ini sudah cukup ‘dewasa’ untuk melayani masyarakat di indonesia khususnya..
Siapa yg tdk kenal “merpati” di belahan papua sana?? 
Beberapa masyarakat yg lgs bicara, mereka hanya tahu “merpati” dan mereka mungkin tdk tau selain nama itu. Saya jd teringat beberapa kali ikut terbg ke pedalaman papua. Begitu pswt ini landing, disana masyarakat sdh menunggu. Bahkan sedekat mgk dgn pesawatnya. Runway yg msh beralaskan tanah, dan msh bebas orang2 sana utk masuk dan menyambut pesawat itu lebih dekat. Bahkan ada bbrp daerah yg tdk ada ground power, jadi baling2nya msh hidup sampai proses embarkasi selesai.
Dan jika cuaca yg unpredictable shg pswt tdk bisa masuk ke daerah itu, maka mrk akan selalu setia menunggu. Mereka sangat sabar, sampai saaatnya pswt bisa masuk. Meski mrk hrs menunggu bbrp hari lg. . 😦
Sungguh tdk bisa membayangkan..jika Merpati sdh tdk bisa memberikan kontribusi-nya dsana. Mereka akan sangat kehilangan .. Dan bisa dibayangkan kehidupan masyarakat disana jika kehidupan mrk hanya “terkungkung” di daerahnya saja?
Cara mereka bertahan hidup salah satu-nya dgn cara “barter”. Daerah A membawa beras ke daerah B yg berpenghasil minyak. Atau kelapa, semen, anak ayam, atau dari kota mereka membawa minuman & biskuit yg berlipat2 harganya dgn di jakarta.
 
Sungguh ironis…jika kita membandingkan kehidupan disana dan di kota besar. Atau paling tdk dengan kota2 di papua sana.
 
Dimana lagi moto airline sebagai “JEMBATAN ( pemersatu) NUSANTARA” itu????
Akankah hilang begitu saja?
 
*selalu berdoa dan berharap Merpati akan bangkit lg!

 

Image