Perusahaan airline itu..

 

 

Sedikit terhenyak begitu mendengar kabar bahwa Perusahaan ini akan diembargo di cengkareng ( CGK)  mlm td Oleh pertamina. Yang sebelumnya sdh terjadi di bbrp airport. Apa yg terjadi selanjutnya bisa dibayangkan..mungkin sdh terlalu banyak hutang yghrs dibayarkan ke Pertamina, maka satu persatu ‘fuel’ itu mulai tertutup.

 
Sedih..karena sy dulu pernah bekerja disana. Dan skrg, salah satu Perusahaan BUMN ini akan (sudah) dinyatakan PAILIT oleh bpk mentri – meski msh secara lisan dan blm dipublish. Tidak ada yg bisa menolongnya lagi…
Tidak ada suntikan dana (lg), tidak ada kejelasan apakah akan privatisasi atw betul2 dinyatakan pailit, tidak ada yg tau…dari bertahun-tahun yg lalu.
 
Seperti yg pernah CakNun sampaikan dlm satu peringatan ulang tahun perusahaan ini, beliau bilang : dua Perusahaan pemerintah ini seperti ade-kakak. Tapi yg selalu ditolong itu kakaknya trs. Sedangkan ade-nya dibiarkan terpuruk, meminta pertolongan. Paling tidak, berikan saja pesawat2 kecil utk membantunya bertahan..( kurang lebih sprt itu beliau sampaikan)
 
Janganlan memandang dari sisi SIAPA Dir-Dir nya..meski sudah bbrp kali ganti, tapi tetap saja perusahaan ini “SAKIT”. Jika kita menjudge, orang2 dulu yg “tidak benar”, buat saya itu tidak fair. perusahaan yg dibangun pd thn 1962 ini sudah cukup ‘dewasa’ untuk melayani masyarakat di indonesia khususnya..
Siapa yg tdk kenal “merpati” di belahan papua sana?? 
Beberapa masyarakat yg lgs bicara, mereka hanya tahu “merpati” dan mereka mungkin tdk tau selain nama itu. Saya jd teringat beberapa kali ikut terbg ke pedalaman papua. Begitu pswt ini landing, disana masyarakat sdh menunggu. Bahkan sedekat mgk dgn pesawatnya. Runway yg msh beralaskan tanah, dan msh bebas orang2 sana utk masuk dan menyambut pesawat itu lebih dekat. Bahkan ada bbrp daerah yg tdk ada ground power, jadi baling2nya msh hidup sampai proses embarkasi selesai.
Dan jika cuaca yg unpredictable shg pswt tdk bisa masuk ke daerah itu, maka mrk akan selalu setia menunggu. Mereka sangat sabar, sampai saaatnya pswt bisa masuk. Meski mrk hrs menunggu bbrp hari lg. . 😦
Sungguh tdk bisa membayangkan..jika Merpati sdh tdk bisa memberikan kontribusi-nya dsana. Mereka akan sangat kehilangan .. Dan bisa dibayangkan kehidupan masyarakat disana jika kehidupan mrk hanya “terkungkung” di daerahnya saja?
Cara mereka bertahan hidup salah satu-nya dgn cara “barter”. Daerah A membawa beras ke daerah B yg berpenghasil minyak. Atau kelapa, semen, anak ayam, atau dari kota mereka membawa minuman & biskuit yg berlipat2 harganya dgn di jakarta.
 
Sungguh ironis…jika kita membandingkan kehidupan disana dan di kota besar. Atau paling tdk dengan kota2 di papua sana.
 
Dimana lagi moto airline sebagai “JEMBATAN ( pemersatu) NUSANTARA” itu????
Akankah hilang begitu saja?
 
*selalu berdoa dan berharap Merpati akan bangkit lg!

 

Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s